26.2.09

Keket Vs Andi

Pada suka nonton infoteinment kahn?? Kalau begitu udah pada tahu kabar perseteruan Catherine Wilson aka Keket sama Andi Soraya, pertama gw liat beritanya dan ngeliat gaya n isi omongannya si keket gw kaget, yang awalnya nonton tv ditempat tidur gw langsung pindah posisi muka gw tepat di depan tv, buseeeet mengejutkan memang mendengar isi ucapannya, di dalamnya ada mengenai pembedaan kelas dan level dengan si Andi Soraya, hmmm… jelas aja si Andi soraya panas n langsung mengadukan ke kantor polisi, hahaha… lagi2 ujungnya pihak yang berwajib.

Setelah menyaksikan berita itu, gw langsung inget guru bahasa indonesia jaman gw SMA dulu, bapak guru yang selalu mengenakan jeans dan kemeja lengan pendek, sepatu kets dan rambut gondrong, oke banget tu guru, saat mengajar dia pernah bilang “Dunia ini memang dikotak-kotakan, hidup manusia pun seperti itu dikotak-kotakan, tidak bisa dicampur aduk baur menjadi satu. Seperti sudah menjadi kodratnya, sudah dikelas-kelaskan.” Bener juga ya, kalo liat globe atau atlas, dunia ini dikotak-kotakin looo biar lebih gampang ngeliat lokasinya. Jadi karena memang sudah dikelas-kelaskan jelaslah kalau satu individu kadang ga bisa cocok atau ga bisa nyambung dengan individu lain karena perbedaan kelas tadi, yaa kelas sosial dong cin masa iya kelas sekolah, kalau kalangan jetset lagi pada ngomongin tas Gucci yang kalangan bawah ngertinya Guci buat naro payung hehe ga nyambung kahn. Tapiii mungkin udah mendarah daging dari kita sekolah dulu kali yaa, inget ga jaman SD kelas aja udah dibagi-bagi misalnya kelas 6a sama kelas 6b, yang a biasanya isinya anak2 yang pinter sedangkan kelas b anak2 “buangan”. Ada kelas unggulan ada kelas buangan, ada sekolah unggulan ada sekolah buangan, ada kelas sosial menengah atas ada menengah kebawah.
Ya ga bisa dipungkiri lagi emang begitulah kehidupan, ga hanya di indonesia kok mo nyari ampe keujung dunia yang ga berujung ini juga pasti akan menemukan pembagian kelas seperti itu, klo jaman dulu mungkin dikenal sebagai kasta kali yaaaa.
Tapi bedanya dengan kasta, kalo kasta kahn kita ga bisa pindah dari kasta sudra (rakyat jelata) ke kasta ksatria misalnya, sedangkan kalo jaman sekarang bisa aja kok berpindah kelas gampang banget malahan, misalnya dari menengah kebawah jadi menengah atas bisa karena bekerja keras, dapet gusuran rumah, sampai jadi simpenan pejabat, nah looo mereka mendadak berpindah kelasnya jadi menengah atas, keren kahn tuh.

Jadi gimana dong dengan kasus si artis yang membedakan kelas itu, ummm yaaa kalo menurut gw tetep aja si keket salah, ngomong kayak gitu di depan umum, ada media massa secara terang-terangan pula, itu sih namanya ga punya etika jelaslah siapapun akan naik pitam. Kalau sudah tahu beda kelas yaa tunjukin dong dengan cara bersikap, berperilaku, cara bertutur kata, berbahasa. Kalau seperti itu keliatan banget emang beda kelasnya, jadi terlihat keket berada di kelas lebih rendah dari si andi. So… sudah tahu kita berada di dalam kelompok yang mana, level yang mana, kelas yang mana, tapi bukan berarti kita bisa meremehkan dan merendahkan orang yang berada di kelas berbeda dengan kita, justru yang indah adalah kita harus saling menghormati dan menghargai setiap orang dari setiap kelas dan level yang berbeda. Karena ingat dunia berputar, kita mungkin sekarang berada di kelas atau level yang mapan tapi besok kita ga pernah tahu bisa jadi kita berada di level yang paling bawah.

No comments: